Monday, November 16, 2015

Filled Under:

Wahai Muslimah Berhati-hatilah ketika Membicarakan Semua Hal Yang Di Dengar

Ada kebiasaan umum dikalangan Muslimah yang dianggap biasa saja-namun sebenarnya bukan suatu kebaikan, -yaitu membicarakan semua yang didengar dan dilihat.




Misalnya, ketika mendengar ada temannya yang menjadi orang kaya baru. Mulai dari A sampai Z, apa yang didengar dari orang lain diceritakan sedetail-detailnya.

Padahal dia tidak meneliti terlebih dahulu apa yang didengar, sehingga berpotensi ada penambahan disana-sini. Rasulullah Saw. mengingatkan, "Cukuplah menjadi suatu dosa bagi seseorang, yaitu apabila dia membicarakan semua apa yang telah dia dengar" (HR Muslim).

Menurut Imam Nawawi, "Apabila seseorang membicarakan setiap yang didengarnya, sungguh dia adalah pendusta karena menginformasikan tentang sesuatu yang bertentangan dengan yang sebenarnya dan tidak ada persyaratan di dalamnya harus dengan sengaja."

Ketika mendengar suatu kabar, Muslimah sebaiknya meneliti dahulu kebenarannya. Ketahuilah bahwa setiap yang Muslimah lihat, dengar dan sampaikan kepada orang lain akan di catat disisi Allah dan mintai pertanggungjawaban, sebagaimana diterangkan dalam Al-Quran, Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak memunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabanya (QS Al-Isra' [17]: 36). [reportaseterkini]

Sumber  : 195 pesan cinta Rasulullah Oleh Abdillah F.Hasan 




0 comments:

Post a Comment